Topan Husain. Diberdayakan oleh Blogger.

Kutu rambut kepala - Pediculus Capitis - Tumo

Mendengar cerita dari sang adik kalau temen kuliahnya ada yang kena kutu rambut (tumo) jadi keinget masa lalu. Maklum gan ane bener-bener orang desa tuleen. 
Kutu rambut kepala (pediculus capitis) atau yang sering orang Jawa sebut "TUMO" adalah serangga parasit, yang mendapat makanan dari menghisap darah dari kulit kepala. Dari gigitannya terasa sangat gatal gan... ini karena air liurnya yang mengandung zat kimia. Sehingga terasa panas di kulit kepala dan serasa hanya akan hilang jika digaruk. MANTAPPPP.
Kembali ke masa  lalu gan, ane yang dibesarkan di keluarga yang tidak mampu suatu yang lumrah jika di rambut kepala ternyata bersemayam kutu-kutu. Di rambut yang hitam kemerah-merahan (mirip pirang) agak samar bintik-bintik putih, nah ini yang banyak orang sebut"LINGSO" (telur kutu rambut). Mirip kaya ketombe tapi susah rontoknya, perlu disisir pake suri gan. Biar rontok semua itu telur sekaligus rambutnya. Botak deh lohhh.
Tapi karena seiring berkembangnya jaman, sudah banyak macam dan merek shampo. Dari serbuk-cair, dari sachet-botol sekarang malah tambah lagi conditioner mantaplah sudah. Sekarang komunitas TUMO-TUMO ini bahkan bisa dibilang punah (tinggal menunggu waktu). Sekarangg saja seminggu sekalli pada KRIMBAT REBONDIING KRAMAS SPESIAL uhhh langsung mampus tuh kutu-kutu sialan. Tapi entah dari mana asalnya tetap sampai sekarang masih ditemukan itu TUMO di segelintir orang. Ibu apotek sebelah aja curhat kok kalo banyak yang nyari peditoc pembasmi kutu.
Tapi ane yakin semua rakyat Indonesia tercinta pasti rjin keramas, miinmal seminggu 1x dah (cowo gak masalah, rambut cuma  dikit) pasti tuh kutu punah dari perredaan bumi....
cukup sekian agan-agan n sista, salam hangat pokoknya.

Penulis : aku kasih tahu ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Kutu rambut kepala - Pediculus Capitis - Tumo ini dipublish oleh aku kasih tahu pada hari Kamis, 17 Oktober 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Kutu rambut kepala - Pediculus Capitis - Tumo
 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya.....