Topan Husain. Diberdayakan oleh Blogger.

Mutual Exclusion



Mutual Exclusion

Adalah jaminan hanya satu proses yang mengakses sumber daya pada suatu interval waktu tertentu. Proses proses yang lain dilarang mengerjakan hal yang sama. Mutual exclusion ini dapat ditimbulkan akibat adanya interaksi antara proses-proses yang berjalan

Bagian program yang sedang mengakses memori atau sumber daya yang dipakai bersama disebut Critical Section/Region. Dengan adanya interaksi proses yang memungkinkan adanya kompetisi antar proses, konsep bagi-pakai maupun cooperative antar proses maka kemungkinan terjadinya critical section akan terjadi.

Untuk mengatasi hal tersebut maka dibuatlah sebuah sistem manajemen proses mutual exclusion. Mutualexclusion pertama kali diungkapkan oleh Edsger Djikstra pada tahun 1965. Sejak saat itu banyak solusi yangditawarkan untuk mengatasi adanya mutual exclusion.

A.    Konsep Mutual Exclusion

Untuk menjelaskan bagaimana konsep mutual exclusion. Maka akan diambil sebuah contoh kejadian. Anggap sebuah perintah didalam code merubah sebagian dari data selama beberapa penjalanan program, ketika thread lain yang mungkin dipicu oleh event yang tidak diperkirakan mulai dieksekusi. Jika pada saat yang bersamaan thread kedua ini membaca dari potongan data yang sama, sedangkan data tersebut dalam proses yang sedang akan ditulisi, maka kondisi ini adalah kondisi yang tidak konsisten dan tidak dapat  diperkirakan. Jika thread kedua mencoba meng-overwrite data tersebut, akan mengakibatkan keadaan yang tidak dapat ditangani (unresolveable state).

Shared data  diatas yang sedang diakses oleh critical sections bagaimanapun juga harus dilindungi, jadi proses lain yang membaca dari atau menulis ke dalam potongan data harus dikeluarkan dari pengeksekusian.

Jadi konsep utama dari mutual exclusion adalah bagaimana melakukan manipulasi dan membuat kebijakan tentang bagaimana tata cara pengaksesan critical section oleh proses satu dengan yang lain yang mengakses secara simultan. Mutual exclusion baik yang terjadi pada proses uniprocessing, multiprocessing maupun sistemyang cooperative, solusi yang harus dilakukan bagaimana pengontrolan akses ke sumberdaya.

B.     Ilustrasi aplikasi tabungan

Seluruh sistem yang melibatkan banyak proses mengakses satu sumber daya bersama selalu menimbulkan persoalan mutual-exclusion.
Contohnya adalah sebagai berikut.
·         Pada aplikasi tabungan, misalnya rekening A berisi Rp 1.000.000,- yang terdaftar di kantor cabang bandung.
·         Kemudian pada suatu saat program aplikasi kantor cabang di Jakarta melayani penyetoran Rp 3.000.000,- ke rekening A. lalu program aplikasi membaca saldo akhir rekening A
Persoalan di atas dapat tidak terjamin mutual-exclusion jika:
1.      Program aplikasi bandung menulis ke rekening A secara cepat sehingga di hasilkan saldo Rp 6.000.000. Setelah itu, program aplikasi kantor cabang Jakarta menimpa hasil itu dengan saldo Rp 4.000.000,- . Dalam kasus ini saldo akhir yang diperoleh adalah Rp 4.000.000,- bukan Rp 10.000.000,- (yang seharusnya).
2.      Program aplikasi Jakarta dilakukan menulis ke rekening A secara cepat sehingga dihasilkan saldo Rp 4.000.000,-. Setelah itu program aplikasi di kantor bandung menimpa hasil itu dengan saldo Rp 6.000.000,-. Hasil yang lebih baik dibanding skenario pertama tetapi masih di bawah yang seharusnya yaitu Rp 10.000.000,-.

Kriteria penyelesaian Mutual Exclusion :

1.      Mutual Exclusion harus dijamin.
2.      Hanya satu proses pada satu saat yang diizinkan masuk Critical Section/Region.
3.      Proses yang berada di noncritical section, dilarang memblok proses-proses yang ingin masuk critical section.
4.      Harus dijamin proses yang ingin masuk critical section tidak menunggu lama hingga waktu tak terhingga, agar tidak terjadi deadlock atau starvation.
5.      Ketika ada proses di critical section maka proses yang ingin masuk critical section harus diijinkan segera masuk tanpa waktu tunda.
6.      Tidak ada asumsi mengenai kecepatan relative proses atau jumlah proses yang ada.

sumber: 
              (pada hari Sabtu, 28 April 2013  ----  17.10 WIB
                    (pada hari Sabtu, 28 April 2013  ----  17.19 WIB

Penulis : aku kasih tahu ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Mutual Exclusion ini dipublish oleh aku kasih tahu pada hari Rabu, 01 Mei 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Mutual Exclusion
 

1 komentar:

Terima Kasih Komentarnya.....