PERKEMBANGAN ANAK DIDIK
Assalamu'alaikum poro sederek........
ketemu lagi ama ane, nih ane mau ngasih tips soal ngetik lagi nih.... tapi nih mungkin bagi kalangan guru alias para pengajar terutamam pengajar Indonesia.
Tapi ni khusus bagi TK atau pra sekolah.Untuk yang ini tabel penilaian ni tabel membantu kita-kita mengetahui perkembangan anak didik kita dalam meresap ajaran yang mas, mbak, pak, buk ajarken....begindang. langsung aje ye monggo.....
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK DIDIK
Kelompok :
I. NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL
|
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANAGAN
1. Mengenali agama yang dianut
2. Membiasakan diri beribadah
3. Memahami perilaku mulia (Jujur, Penolong, Sopan, Hormat, dsb)
4. Membedakan perilaku baik dan buruk
5. Mengenal ritual dan hari besar agama
6. Menghormati agama orang lain
|
II. FISIK MOTORIK
|
A. KASAR
B. HALUS
1. Menggambar sesuai gagasanya
2. Meniru bentuk
3. Melakukan permainan fisik dengan aturan
4. Menggunakan alat tulis dengan benar
5. Menggunting sesuai dengan pola
6. Menempel gambar dengan tepat
7. Mengekpresikan diri melalui
C. KESEHATAN FISIK
1. Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan
2. Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
3. Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berta badan
|
III. KOGNITIF
|
A. PENGETAHUAN UMUM DAN SAINS
1. Mengklasifikasi benda berdasarkan fungsi
2. Menunjukan aktifitas yang bersifat esploratif dan menyelidik (seperti : apa yangt terjadi ketika air di tumpahkan)
3. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4. Mengenal sebab-akibat tentang lingkunganya ( angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
5. Menunjukan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti 'ayo kita bermain pura-pura sepeti burung' dsb)
B. KONSEP BENTUK, WARNA, UKURAN DAN POLA
1. Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran : 'lebih dan kurang' dan 'kuran dari' dan 'paling / ter'
2. Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
3. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok berpasangan yang lebih 2 variasi
4. Mengenal pola ABCD-ABCD
5. Menggunakan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
C. KONSEP BILANGAN, LAMBANG BILANGAN DAN HURUF
1. Menyebutkan lambang bilangan 1-10
2. Mencocokan bilangan dengan lambang bilangan
3. Mengenal berbagia macam lambang huruf vokal dan konsonan.
|
pripun poro sederek? sae mboten yen mekaten? semoga membantu ya?
jangan lupa komen-komen ye.....!
0 komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih Komentarnya.....